Minggu, 24 Mei 2015

BEBAN BUKAN SEBUAH KESIALAN, MELAINKAN PELAJARAN




Didalam KKN ini ada salah satu program pokok yang harus diselesaikan oleh mahasiswa KKN yaitu membentuk POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga). Melihat situasi yang ada di Desa sepertinya berpotensi untuk dibentuk. Strategi awal kita harus mensosialisasikan kepada masyarakat baik dalam pertemuan kecil maupun besar seperti  yasinan, pengajian, gotong royong, ronda malam dan dimana tempat kita harus selalu mebicarakan posdaya. Kamar mandi juga ya???.  Setelah semua sasaran tersosialisasikan kita langsung menetapkan waktu dan tempat kapan dibentuk posdaya.



Selain tugas pokok ada tungas tambahan yang wajib juga atau sunah muakkad yaitu mengsi Quisioner untuk semua kepala keluarga di Desa dan Penyusunan RPJMDes dan Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang. Begitu terasa memecahkan kepala untuk dikerjakan. Kalau dengar cerita kakak tingkat sebelumnya namanya KKN itu kita datang kekampung kita sendiri yang membuat program sesuai disiplin ilmu, tetapi ini tidak kami KKN harus menyelesaikan target dari pemerintah, Huh….. Tidak ada kata mengeluh didalam mengerjakan sesuatu.

Selain beban tugas diatas adalagi beban atau suatu yang mengagetkan bagi kelompok kami. Aneh bin aneh ketika ada informasi bang singgih trenggono teman kelompok kami ingin menyusul kami KKN disini. Kamipun tidak bisa bilang apa-apa karena itu urusannya dengan panitia KKN, kitapun hanya bisa menunggu keputusan dari panitia. Ternyata diesok hari bang singgih datang menyusul kesini bersama keluarganya satu  mobil yang anehnya lagi bang singgih duduk di bagasi sejauh perjalanan itu. Apa gak remuk tu badan!!!.

Aneh lagi ketika menutup bagasi kepalanya belum keluar penuh sudah ditutup pintunya aduh mak… emank pandangan awal bertemu sudah aneh he… yang disayangkan lagi keesokan harinya DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan Panitia KKN menelponya dan menyuruh dia pulang. Kasihan bang… Jangan sedih yang bang…,(sok menghibur,.). Aku sudah senang kedatangan bang singgih karena ada yang menemani tidurku lagi yang kini sedang kesepian seperti Jones (Jomblo Ngenes). Tetapi itu kesalahan memang buatan dia dan akupun tidak bisa membantunya juga.

Itulah gambaran satu minggu perjalanan KKN kami. Ada yang bilang itu adalah kesialan tapi sebenarnya tidak semua yang ada diatas adalah sebuah pelajaran bagi seorang KKN yang sedang tenggelam bersama masyarakat. Tidak ada pelajaran yang baik selain dari pengalaman kita sendiri. Ada orang bilang orang bodoh kalah sama orang pinter, orang pinter kalah sama orang licik, dan orang licik kalah sama orang bejo. Bejo itu adalah kehendak Allah SWT oleh karena itu agar kita selalu menang dekatkanlah diri kita dengan Allah SWT.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *