AHLUS SUNNAH WAL-JAMA’AH Di Tengah Benturan PEMIKIRAN TRANSNASIONAL
AHLUS
SUNNAH WAL-JAMA’AH
Di Tengah Benturan
PEMIKIRAN
TRANSNASIONAL
BAB I
AHLUS
SUNNAH WAL-JAMA’AH
A.
Sejarah Ahlus Sunnah Wal-Jama’ah
(Aswaja)
1.
Madzhab Politik
Setelah
Rasulullah SAW. wafat, ummat Islam dalam masalah siyasah (politik)
terbagi menjadi tiga golongan:
a.
Jumhurul Muslimin
Jumhurul Muslimin
adalah sebutan sesuai makna kalimat, yakni mayoritas ummat Islam, kemudian
berubah sebutan menjadi “Ahlussunnah”, dan selanjutnya pada suatu ketika sebagian
ulama menambahkan kata “Wal-Jama’ah”.
Jumhurul Muslimin
menyepakati terpilihnya Abu Bakr Ash-Shiddiq ra. menjadi khalifah (pengganti
Rasulullah SAW.) dalam melaksanakan tugas-tugas dakwah Islam dan kenegaraan.
b. Syi’ah

Syi’ah
secara umum (selain Syi’ah Zaidiyah) dalam masalah imamah (kepemimpinan)
meyakini:
1) Imamah (kepemimpinan) hanya milik
keturunan Rasulullah SAW. sedangkan bagi selain keturunan beliau adalah
kedhaliman.
2) Imamah bukan merupakan urusan terkait
kemaslahatan yang didasarkan pada proses pemilihan dan pengangkatan ummat Islam
secara umum, tetapi imamah merupakan urusan terkait dasar agama Islam
yang bagi Rasulullah SAW. dan para Rasul lainnya tidak mungkin
menyia-nyiakannya dengan menyerahkan kepada ummatnya secara umum.
3) Para Imam bersifat ma’shum
(terjaga dari dosa besar dan kecil) sebagaimana Rasulullah SAW. dan para Rasul
lainnya.
c. Khawarij
Khawarij
merupakan sebagian kecil ummat Islam :
1) Keluar dari jama’ah (sekumpulan
atau persatuan) di bawah kepemimpinan ‘Utsman ibn ‘Affan ra, dan menobatkan
diri sebagai oposisi. Bahkan mereka membunuhnya karena menganggapnya telah
kafir.
2)
Menolak kebijakan ‘Ali ibn Abi Thalib ra. menerima tahkim
(perjanjian damai) dengan Mu’awiyah. Kemudian mereka menyatakan keluar dari jama’ah
(sekumpulan atau persatuan) di bawah kepemimpinan ‘Ali ibn Abi Thalib ra.,
dan menjadi oposisi.
2.
Madzhab Aqidah
Terciptanya tiga madzhab dalam bidang siyasah (politik)
sebagaimana di atas merupakan awal terbentuknya madzhab-madzhab dalam bidang
‘aqidah. Madzhab-madzhab di bidang ‘aqidah ini berlanjut menjadi semakin banyak.
3.
Madzhab Fiqh, Dll.
Tiga madzhab dalam bidang siyasah (politik) juga mengawali
terbentuknya madzhab-madzhab dalam bidang fiqh sebagaimana madzhab-madzhab
dalam bidang ‘aqidah.
B.
Landasan dan Kreteria Aswaja
عَنْ
الْعِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ قَالَ: وَعَظَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا بَعْدَ صَلاَةِ الْغَدَاةِ مَوْعِظَةً بَلِيغَةً
ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ فَقَالَ رَجُلٌ إِنَّ
هَذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعْهَدُ إِلَيْنَا يَا رَسُولَ اللهِ،
قَالَ: (أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدٌ
حَبَشِيٌّ فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ يَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا
وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ فَإِنَّهَا ضَلاَلَةٌ فَمَنْ أَدْرَكَ
ذَلِكَ مِنْكُمْ فَعَلَيْهِ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ
الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ). - رواه الترمذي، وقَالَ هَذَا
حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
عَنْ الْعِرْبَاضَ بْنَ سَارِيَةَ: صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللهِ صلى
الله عليه وسلم ذَاتَ يَوْمٍ ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا فَوَعَظَنَا مَوْعِظَةً
بَلِيغَةً ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ فَقَالَ
قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللهِ كَأَنَّ هَذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ فَمَاذَا تَعْهَدُ
إِلَيْنَا، فَقَالَ: (أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ
عَبْدًا حَبَشِيًّا فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِى فَسَيَرَى اخْتِلاَفًا
كَثِيرًا فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ
الرَّاشِدِينَ تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ وَإِيَّاكُمْ
وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ
ضَلاَلَةٌ). – رواه أبو داود
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: (تَفَرَّقَتْ الْيَهُودُ عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِينَ أَوْ
اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً، وَالنَّصَارَى مِثْلَ ذَلِكَ، وَتَفْتَرِقُ
أُمَّتِي عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً) رواه الترمذي - وقَالَ حَدِيثٌ
حَسَنٌ صَحِيحٌ.
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (لَيَأْتِيَنَّ عَلَى أُمَّتِي مَا أَتَى عَلَى بَنِي
إِسْرَائِيلَ حَذْوَ النَّعْلِ بِالنَّعْلِ حَتَّى إِنْ كَانَ مِنْهُمْ مَنْ أَتَى
أُمَّهُ عَلاَنِيَةً لَكَانَ فِي أُمَّتِي مَنْ يَصْنَعُ ذَلِكَ، وَإِنَّ بَنِي
إِسْرَائِيلَ تَفَرَّقَتْ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ مِلَّةً وَتَفْتَرِقُ
أُمَّتِي عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ مِلَّةً، كُلُّهُمْ فِي النَّارِ إِلاَ مِلَّةً
وَاحِدَةً) قَالُوا وَمَنْ هِيَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (مَا أَنَا عَلَيْهِ
وَأَصْحَابِي) رواه الترمذي - وقَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مُفَسَّرٌ لاَ نَعْرِفُهُ
مِثْلَ هَذَا إِلاَ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (افْتَرَقَتْ الْيَهُودُ عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ
وَسَبْعِينَ فِرْقَةً وَتَفَرَّقَتْ النَّصَارَى عَلَى إِحْدَى أَوْ ثِنْتَيْنِ
وَسَبْعِينَ فِرْقَةً وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً).
- رواه أبو داود
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (تَفَرَّقَتْ الْيَهُودُ عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِينَ فِرْقَةً
وَتَفْتَرِقُ أُمَّتِي عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً). - رواه ابن ماجه
عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (افْتَرَقَتْ الْيَهُودُ عَلَى إِحْدَى وَسَبْعِينَ فِرْقَةً
فَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ وَافْتَرَقَتْ النَّصَارَى
عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً، فَإِحْدَى وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ
وَوَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ. وَالَّذِي نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لَتَفْتَرِقَنَّ
أُمَّتِي عَلَى ثَلاَثٍ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً، وَاحِدَةٌ فِي الْجَنَّةِ
وَثِنْتَانِ وَسَبْعُونَ فِي النَّارِ)، قِيلَ يَا رَسُولَ اللهِ مَنْ هُمْ؟
قَالَ: (الْجَمَاعَةُ). - رواه ابن ماجه
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (إِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ افْتَرَقَتْ عَلَى إِحْدَى
وَسَبْعِينَ فِرْقَةً وَإِنَّ أُمَّتِي سَتَفْتَرِقُ عَلَى ثِنْتَيْنِ وَسَبْعِينَ
فِرْقَةً، كُلُّهَا فِي النَّارِ إِلاَ وَاحِدَةً وَهِيَ الْجَمَاعَةُ) رواه ابن
ماجه
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: (إِنَّ بَنِي إِسْرَائِيلَ تَفَرَّقَتْ عَلَى إِحْدَى
وَسَبْعِينَ فِرْقَةً فَهَلَكَتْ سَبْعُونَ فِرْقَةً وَخَلَصَتْ فِرْقَةٌ
وَاحِدَةٌ وَإِنَّ أُمَّتِي سَتَفْتَرِقُ عَلَى اثْنَتَيْنِ وَسَبْعِينَ فِرْقَةً
فَتَهْلِكُ إِحْدَى وَسَبْعِينَ وَتَخْلُصُ فِرْقَةٌ) قَالُوا: يَا رَسُولَ اللهِ
مَنْ تِلْكَ الْفِرْقَةُ؟ قَالَ: (الْجَمَاعَةُ الْجَمَاعَةُ) رواه أحمد
C.
Prinsip Aswaja
1. Tawassuth
·
Tawassuth (moderat); Ajaran Islam secara keseluruhan berada dalam posisi
antara Yahudi dan Nashrani, dalam arti tidak liberal dan tidak pula radikal. Sedangkan
tawassuth di antara kelompok-kelompok ummat Islam yang memiliki pemikiran
berbeda mengenai ajaran Islam adalah pemikiran yang tidak ghuluww atau tasyaddud
(melampaui batas yang mengarah pada liberal dan radikal).
وَكَذَلِكَ
جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ
الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا (البقرة: 143)
Dan demikian (pula) Kami telah
menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi
saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas
(perbuatan) kamu. (QS. Al-Baqarah: 143)
ثُمَّ
أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ
ظَالِمٌ لِنَفْسِهِ وَمِنْهُمْ مُقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ
اللهِ ذَلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ (فاطر: 32)
Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami
pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya
diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara
mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang
demikian itu adalah karunia yang amat besar.
عن
أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
(إِنَّ هَذَا الدِّينَ مَتِينٌ فَأَوْغِلُوا فِيهِ بِرِفْقٍ) رواه أحمد
عَنْ يَحْيَى بْنِ بَشِيرِ بْنِ خَلاَدٍ عَنْ أُمِّهِ أَنَّهَا
دَخَلَتْ عَلَى مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ الْقُرَظِيِّ فَسَمِعَتْهُ يَقُولُ:
"حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (وَسِّطُوا الْإِمَامَ وَسُدُّوا الْخَلَلَ) رواه أبو داود
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ: (إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَ غَلَبَهُ
فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ
وَشَيْءٍ مِنْ الدُّلْجَةِ) رواه البخاري
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: (يَسِّرُوا وَلاَ
تُعَسِّرُوا وَبَشِّرُوا وَلاَ تُنَفِّرُوا) رواه البخاري
عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
كَانَ يَحْتَجِرُ حَصِيرًا بِالليْلِ فَيُصَلِّي عَلَيْهِ وَيَبْسُطُهُ
بِالنَّهَارِ فَيَجْلِسُ عَلَيْهِ فَجَعَلَ النَّاسُ يَثُوبُونَ إِلَى النَّبِيِّ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَيُصَلُّونَ بِصَلاَتِهِ حَتَّى كَثُرُوا
فَأَقْبَلَ، فَقَالَ: (يَا أَيُّهَا النَّاسُ خُذُوا مِنْ الْأَعْمَالِ مَا
تُطِيقُونَ فَإِنَّ اللهَ لاَ يَمَلُّ حَتَّى تَمَلُّوا وَإِنَّ أَحَبَّ
الْأَعْمَالِ إِلَى اللهِ مَا دَامَ وَإِنْ قَلَّ) متفق عليه
عَنْ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: (هَلَكَ الْمُتَنَطِّعُونَ، قَالَهَا ثَلاَثًا) رواه مسلم
·
Gambaran Tawassuth
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ: خَطَّ لَنَا رَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَطًّا مُرَبَّعًا، وَخَطَّ فِي وَسَطِ الْخَطِّ
خَطًّا، وَخَطَّ خَارِجًا مِنْ الْخَطِّ خَطًّا وَحَوْلَ الَّذِي فِي الْوَسَطِ
خُطُوطًا، فَقَالَ: (هَذَا ابْنُ آدَمَ وَهَذَا أَجَلُهُ مُحِيطٌ بِهِ وَهَذَا
الَّذِي فِي الْوَسَطِ الْإِنْسَانُ وَهَذِهِ الْخُطُوطُ عُرُوضُهُ إِنْ نَجَا
مِنْ هَذَا يَنْهَشُهُ هَذَا وَالْخَطُّ الْخَارِجُ الْأَمَلُ) رواه الترمذي وابن
ماجه وأحمد، واللفظ للترمذي، وقال: "هذا حديث صحيح"
·
Menjadi Sebaik-baik Ummat.
﴿كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ
أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِاْلمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ اْلمُنْكَرِ
وَتُؤْمِنُونَ بِاللهِ﴾ (آل
عمران: 110)
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia,
menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada
Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di
antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang
fasik. (QS. Ali ‘Imran: 110).
2. Tasamuh
﴿لاَ يَنْهَاكُمُ اللهُ عَنِ
الَّذِينَ لَمْ يُقَاتِلُوكُمْ فِي الدِّينِ وَلَمْ يُخْرِجُوكُمْ مِنْ
دِيَارِكُمْ أَنْ تَبَرُّوهُمْ وَتُقْسِطُوا إِلَيْهِمْ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ
الْمُقْسِطِينَ (الممتحنة: 8)
Allah tiada melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil
terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula)
mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang
berlaku adil.
3. Menjadikan Islam Sebagai Rahmat
﴿وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلاَّ
رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ﴾
(الأنبياء: 107)
Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat
bagi semesta alam. (QS. Al-Anbiya’: 107)
D.
Sumber dan Manhaj Aswaja
1.
Sumber
a.
Al-Qur’an
b.
As-Sunnah
c.
Al-Ijma’
d.
Al-Qiyas
2.
Manhaj
a. Dalam bidang Aqidah / Teologi
Islam, mengikuti Abul Hasan Al-Asy’ari dan Abu Manshur Al-Maturidi.
b. Dalam Bidang Fiqih / Hukum
Islam, bermazhab secara qauli dan manhaji kepada salah satu
Al-Madzahib Al-Arba’ah (Hanafi, Maliki, Syafi’i dan Hambali)
c. Dalam bidang Tasawuf, mengikuti
Imam al Junaid al Baghdadi (W. 297 H.)
dan Abu Hamid al Ghazali (450-505 H./1058-1111 M.).
E.
Karakter Aswaja
1.
Menggunakan seluruh dalil nash Al-Qur’an
dan As-Sunnah, dan tidak menggunakannya sebagian dan meinggalkan sebagian
lainnya.
2.
Memahami nash-nash Al-Qur’an dan
As-Sunah dengan kaidah-kaidah ushuliyyah yang teruji dan terpercaya, sehingga
tidak bertentangan antara suatu nash dan nash yang lain.
3.
Menyadari, bahwa setiap masalah yang
tidak ada dalil qath’i mengenai hukumnya merupakan masalah ijtihadiyyah
yang memungkinkan terjadinya perbedaan pendapat.
4.
Toleran dalam menghadapi perbedaan
pendapat, dan tetap menjaga keutuhan ukhuwwah Islamiyah.
BAB II
PEMIKIRAN AHLUS SUNNAH WAL-JAMA’AH
MENOLAK PEMIKIRAN TRASNASIONAL
A. Ubudiyah
1.
Makna dan Kreteria Bid’ah
Radikalisme:
a.
Bid’ah difahami mencakup setiap tindakan
baru dalam urusan ubudiyah sepeninggal Rasulullah SAW.
b.
Setiap bid’ah adalah sesat, dan
berakibat pada siksa neraka.
Penolakan
Aswaja:
a.
Bid’ah secara etimologis adalah setiap tindakan
yang baru. Adapun secara terminologis adalah setiap tindakan yang baru dalam
urusan agama sepeninggal Rasulullah SAW. dan bertentangan dengan dalil-dalil
syar’i. Dengan demikian, setiap tindakan yang tidak pernah ada pada masa
Rasulullah SAW. tidak dapat dikategorikan bid’ah yang sesat, apabila sesuai
dengan substansi ajaran Islam yang berdasar pada al-Qur’an, as-Sunnah, atsar shahabat, atau
ijma’.
b.
Berdasarkan terminologi bid’ah
sebagaimana di atas, bid’ah dapat diklasifikasikan menjadi; mahmudah (terpuji) atau hasanah
(bagus) dan sayyiah (jelek) dan madzmumah (tercela) atau sayyiah (jelek).. Bahkan
lebih rinci dapat dikelompokkan sesuai pembagian hukum Islam menjadi lima macam;
1) Wajib, seperti merumuskan
dalil-dalil ‘aqli dalam bidang teologi untuk menolak pemikiran atheisme (al-mulahadah)
dan semacamnya;
2) Mandub/sunnah, seperti menulis karya ilmiah,
membangun gedung-gedung sekolah, perguruan tinggi, pesantren, dan sebagainya.
3)
Mubah, seperti
mengembangkan resep makanan, mushafahah setelah Shalat dan sebagainya.
4)
Makruh, seperti shalat
memakai pakaian yang dapat mengganggu khusyu’ shalat dan sebagainya.
5)
Haram, seperti mengembangkan dan menyebarkan
pemikiran yang bertentangan dengan syari’at Islam, seperti pemikiran-pemikiran
faham qadariyyah, murji’ah, dan sebagainya.
عَنْ
جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ إِذَا خَطَبَ احْمَرَّتْ عَيْنَاهُ وَعَلاَ صَوْتُهُ وَاشْتَدَّ
غَضَبُهُ حَتَّى كَأَنَّهُ مُنْذِرُ جَيْشٍ يَقُولُ: (صَبَّحَكُمْ وَمَسَّاكُمْ
وَيَقُولُ بُعِثْتُ أَنَا وَالسَّاعَةُ كَهَاتَيْنِ وَيَقْرُنُ بَيْنَ
إِصْبَعَيْهِ السَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى)، وَيَقُولُ: (أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ
خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ
الْأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ) (رواه مسلم)
قَالَ
ابْنُ أَبِي أَوْفَى النَّاجِشُ آكِلُ رِبًا خَائِنٌ وَهُوَ خِدَاعٌ بَاطِلٌ لاَ يَحِلُّ
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (الْخَدِيعَةُ فِي النَّارِ
وَمَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ) رواه البخاري
عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ
رَدٌّ (رواه البخاري)
عَنْ
عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ
أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ (رواه مسلم)
عَنْ
عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ عَمِلَ
عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ (رواه مسلم)
عَنْ
عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ فِيهِ فَهُوَ
رَدٌّ قَالَ ابْنُ عِيسَى قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ
صَنَعَ أَمْرًا عَلَى غَيْرِ أَمْرِنَا فَهُوَ رَدٌّ (رواه أبو داود)
Pandangan
radikalisme sebagaimana diatas merupakan tindakan ghuluww atau tasyaddud
(melebihi batas) dan bertentangan dengan hadits shahih, sebagai berikut:
عَنْ
جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ: (مَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا
بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ
أُجُورِهِمْ شَيْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِي الْإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعُمِلَ
بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ
مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَيْءٌ) رواه مسلم
عَنْ
عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَبْدٍ الْقَارِيِّ أَنَّهُ قَالَ: "خَرَجْتُ مَعَ
عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ لَيْلَةً فِي رَمَضَانَ إِلَى
الْمَسْجِدِ فَإِذَا النَّاسُ أَوْزَاعٌ مُتَفَرِّقُونَ يُصَلِّي الرَّجُلُ
لِنَفْسِهِ وَيُصَلِّي الرَّجُلُ فَيُصَلِّي بِصَلاَتِهِ الرَّهْطُ"، فَقَالَ
عُمَرُ: "إِنِّي أَرَى لَوْ جَمَعْتُ هَؤُلاَءِ عَلَى قَارِئٍ وَاحِدٍ
لَكَانَ أَمْثَلَ ثُمَّ عَزَمَ فَجَمَعَهُمْ عَلَى أُبَيِّ بْنِ كَعْبٍ ثُمَّ
خَرَجْتُ مَعَهُ لَيْلَةً أُخْرَى وَالنَّاسُ يُصَلُّونَ بِصَلاَةِ قَارِئِهِمْ"،
قَالَ عُمَرُ: "نِعْمَ الْبِدْعَةُ هَذِهِ وَالَّتِي يَنَامُونَ عَنْهَا
أَفْضَلُ مِنْ الَّتِي يَقُومُونَ يُرِيدُ آخِرَ الليْلِ وَكَانَ النَّاسُ
يَقُومُونَ أَوَّلَهُ" (رواه البخاري)
2.
Tuduhan Syirk
Radikalisme:
a.
Menganggap ziarah kubur adalah syirk karena
ziarah kubur karena menurutnya, ziarah kubur itu berarti menyembah kuburan.
Demikian pula merupakan tindakan syirk, melakukan ziarah kubur untuk tawassul.
b.
Hadits mengenai perintah Rasulullah SAW.
untuk ziarah kubur setelah beliau melarangnya dinyatakan maudlu’ atau dla’if
karena pada sisi matn (isi) secara ‘aqli (akal) tidak mungkin
beliau menyuruhnya (yang menurut radikalisme merupakan suatu tindakan syirk).
Penolakan
Aswaja:
a.
Perintah ziarah kubur sebagaimana dalam Nabi
SAW., mengandung dalalah hukum mubah, dan bahkan sunnah untuk kubur para
Nabi dan orang-orang shalih.
b.
Maksud arti ziarah kubur tersebut adalah
mengunjungi kubur dengan mengucapkan salam kepada ahli kubur, serta
mendoakannya.
c.
Ziarah kubur yang kemudian dilanjutkan dengan
amaliyah tertentu, seperti duduk di samping kubur kemudian membaca surat atau
ayat-ayat, dzikir, shalawat Nabi SAW., dan do’a adalah boleh dari segi tempat. Sedangkan
dari segi amaliyah adalah hasanah (bagus) dan berpahala.
d.
Praktek amaliyah yang menyertai ziarah
kubur sebagaimana di atas, jelas sekali-kali bukan menyembah kubur.
e.
Tawassul tidak dapat
dikategorikan syirk, karena dalam prakteknya adalah menyebut Nabi SAW. dan atau
orang shalih agar menjadi sebab do’a diterima oleh Allah SWT.
f.
Niat menyampaikan pahala amaliyah
tertentu tersebut kepada mayyit adalah masalah khilafiyah. Dalam hal
ini, tidak ada alasan syar’i bagi siapa pun melarangnya, apalagi menyatakan
sesat.
g.
Hadits tentang perintah ziarah kubur
adalah shahih pada sisi sanad (sandaran para perawi) dan matn (kandungan
hadits).
h.
Pernyataan, bahwa hadits tersebut dla’if
atau maudlu’ adalah tindakan gegabah dan salah besar karena didasarkan pada
perkiraan yang salah.
Oleh : arwani
faishal
PENGURUS
BESAR NAHDLATUL ULAMA ( PBNU
)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar