Kamis, 11 April 2013

PENANAMAN (NDP) NILAI DASAR PERGERAKAN PMII HARUS BENAR-BENAR DITANAMKAN


Sandangan status mahasiswa akan didapat apabila seseorang yang telah lulus sekolah tingkat menengah atas dan melanjutkan pendidikan dalam sebuah kampus. Ketika menjadi sosok mahasiswa adalah hal yang benar-benar membanggakan terutama orang tua yang merasa agak bangga karena berhasil membawa anaknya sampai ke kuliah artinya ada gambaran kedepan menjadikan anak tersebut lebih baik dari orang tuanya. Sebuah kampus juga merupakan salah satu miniatur negara terkecil yang didalamnya tidak lepas dari susunan pemerintahan kampus yang hampir sama menyerupai pemerintah kenegaraan. Melihat untuk negara kampus yang tidak terlepas berbeda dari negara yang sesungguhnya tidak akan terlepas dari sebuah aliran ideologi-ideologi yang intinya menjadikan sosok pemerintahan dan perilaku dalam menjalani kehidupan secara ideal. Salah satu ideologi yang berkembang di kampus-kampus dan menjadi sebuah organisasi yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) merupakan salah satu ideologi yang dimiliki oleh mahasiswa dari Ahlusunahwaljamaah ala Nahdiyin atau organisasi besarnya Nahdhotul Ulama yang berati kebangkitan ulama.

Pemikiran yang didasarkan kepada para ulama terdahulu hingga sekarang. Pemahaman islam yang mempertahankan yang lama dan menerima yang lebih baik. Nahdhotul ulama yang memiliki nilai-nilai mulia yang dapat dibagikan kemasyarakat secara umum dan menyeluruh menjadi sebuah pemikiran dikalangan mahasiswa di kampus. Organisasi yang memiliki nama empat kata ini yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia tidak asal nama yang terpasang dan enak disebut melainkan perlu kita kaji dan penghayatan lagi untuk penamaan tersebut. Melihat nama depan yang tertera pergerakan yang memiliki kata dasar ‘gerak’ , kata kedua yang tertulis ’mahasiswa’ yang berati bisa subjek atau objek, kata ketiga ‘Islam’ bisa kita jadikan objeknya atau keterangan, dan kata keempat ‘Indonesia’ yang kita jadikan kata keterangan. Maka apabila kita urutkan dengan bahasa indonesia dengan pola SPOK yaitu “mahasiswa menggerakkan Islam Indonesia”. Mahasiswa menggerakan islam disini berati mahasiswa yang siap menjadi penegak agama islam dan metargetkan untuk tercapainya ridho Allah SWT. Islam indonesia yaitu bahwasanya objek dan keterangan dari kalimat itu bahwa islam indonesia merupakan ajaran islam yang ada di Indonesia. Kenapa harus ada islam indonesia berati tiap negara islamnya berbeda. Ini tidak menjadi masalah karena islam yang asli ada didalam hati dan pengamalan sehari-harinya karena tidak akan terlepas dari Al-Quran, Hadist Rosullullah SAW, dan Ijtihad para ulama. Islam indonesia hanya sebuah metode yang ada di Indonesia dalam menerapkan agama islam di negara Indonesia yaang bangsanya bermacam-macam dan butuh persatuan.

Kembali lagi berkaitan dengan mahsiswa menggerakkan Islam Indonesia itu terdapat nilai-niai dasar yang harus diperhatikan. Nilai dasar inilah yang harus menjadi acuan bagi setiap mahasiswa dalam melakukan sebuah gerakan/tindakan. Didalam PMII terdapat nilai dasar pergerakan yang dikenal dengan sebutan NDP PMII. Isi dari NDP itu adalah hubungan dengan Allah, Hubungan dengan Manusia dan hubungan dengan alam. Setiap satu gerakan langkah yang dilakukan mahasiswa harus sesuai NDP yang sudah ada berati dia telah menjadi sosok PMII yang sejati dan meiliki nilai yang berbeda di mata umum.
Penilaian seseorang terhadap orang lainnya hanyalah secara objektif saja dan untuk subjektifnya diri sendirilah yang tahu akan nilai yang layak iya dapatkan terlebih lagi nilai dasar yang sudah diterapkanya dalam kehidupan sehari-hari. Hubungan dengan Allah SWT yang tidak lepas henti-hentinya manusia agar selalu mengingat-Nya dan patuh akan aturan-Nya serta menjauhi segala larangan yang sudah ditetapkan. Mencari ridho Allah adalah target harapan dari semua gerak/tindakan/perilaku yang didapatkan tidak mudah. Dari sisi objektif kita lihat langkah yang dijalankan kader masih dari hawa nafsu mereka sendiri dan melupakan akan targer ridho Allah SWT tidak harus dihindari bahwa masih banyak kader yang meninggalkan ibadah wajib. Ibadah wajib saja berani ditinggalkan apalagi mau punya target mencari ridho Allah SWT, Wallahua’lam.

Selain hubungan dengan Allah di NDP ada nilai yang mendasar yang berhubungan dengan manusia. Manusia yang hidup sebagai mahluk sosial tidak dapat hidup sendiri-sendiri harus bisa saling menjaga dan jangan dilupakan. Hubungan dengan Allah yang begitu sangat penting bagi kita semua tidak lepas perantara untuk berhubungan dengan Allah dengan baik yakni dengan perantara manusia juga. Apabila hubungan antar manusia saja buruk bagaimana dengan hubungan dengan Allah? Mau tidak mau Allah juga akan menolaknya. Karena Allah juga tegas memerintahkan umat manusia untuk selalu berhubungan dan tolong menolong. Karena semua manusia adalah ciptaan Allah berati setiap mahluk dibumi samalah semua hanya perilaku dan tindakan yang membedakan mereka semua. Mahasiswa yang tidak lupa harus dapat berhubungan dengan manusia dengan baik dengan selalu menjaga dan membantu atar umat dengan baik. Pada kader saat ini dilihat secara objektif banyak yang sudah tanggap terrhadap keadaan manusia, kalau kita amati bahwa mahasiswa begitu antusiasnya dalam keikutsertanya dalam pembangunan negeri ini yang utamanya untuk kepentingan manusia banyak tetapi nilai yang mendasar untuk melindungi seluruh umat manusia dengan seadil-adilnya masih berat dirasakan. Mereka turut serta karena hawa nafsu mereka yang tidak dapat terpenuhi dengan pelayanan pemerintah bukan karena benar-benar pembelaan umat manusia.

Selain hubungan dengan Allah SWT dan Manusia yang harus terjalin baik atas dasar nilai gerakan sosok mahasiswa ada satu lagi yaitu hubungan dengan alam. Alam merupakan tempat dimuka bumi yang terdapat banyak unsur dan macam-macamnya tidak terlepas dari kehidupan dan kebutuhan manusia. Sebagai tempat hidup dan tempat menjalani semua aktifitas maka perlu adanya tempat yang baik dan nyaman untuk melakukan sebuah tindakan gerak. Sebagai mahasiswa tempatnya para ilmuan dan para intelektual perlu sekali untuk mengkaji alam ini agar dapat terlestari dengan baik. Memang bicara ilmiah untuk ilmuan tidak terlalu seru berbeda apabila bicara tentang politik yang berepisode. Kalau bob sadino menanam cabai paprika mungkin apa pentingnya bagi mahasiswa mungkin hanya penting bagi mahasiswa yang akan meneliti secara umum mahasiswa masyarakat masih yang kurang dengan info seperti itu berbeda dengan informasi harga bawang yang melonjak. Harga bawang melonjak karena sudah berhubungan dengan politik maka baru mulai info tersebut jadi lebih menarik. Oleh karena itu untuk pengenalan dan penjagaan alam begitu diperlukan sekali.

Alam yang rusak akan menyusahkan manusia sendiri. manusia mencari tempat yang nyaman dan sesuai keinginannya sehingga harus mengorbankan alam ini. Rebutan alam inipun tidak akan terlepas dari manusia yang laiinya. Maka berpengaruhlah dari alam kemanusia kalau manusia saja sudah tidak berjalan dengan baik maka dengan Allah juga tidak akan dapat berhubungan dengan baik. Ketiga nilai dasar pergerakan sosok mahasiswa ini saling keterkaitan dan perlu ditanamkan sejak dini sebelum diri kita, keluarga kita dan bangsa kita hancur ditangan kita sendiri.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *