Kamis, 28 Februari 2013

SESUNGGUHNYA SESUDAH KESULITAN ADA KEMUDAHAN


21-24 Januari 2013

Manusia hidup di dinuia ini tidak henti-hentinya melakukan sebuah aktivitas. Aktivitas tersebut merupakan suatu tujuan yang ingin dicapai oleh setiap manusia. Ada aktivitas yang berat dan aktivitas yang mudah. Diantara aktivitas tersebut yang banyak dilakukan yaitu aktivitas yang berat. Manusia semuanya ingin melakukan aktivitas yang mudah hanya saja jarang menemukan aktivitas tersebut. Terkait tujuan yang ingin dicapainya aktivitas itu yang akan menentukan berat dan ringannya. Semakin berat aktivitas tersebut maka semakin besar yang dihasilkan, sebaliknya semakin ringan aktivitas yang dilakukan seseorang maka semakin kecil juga yang dihasilkan oleh orang tersebut.

Setiap manusia ingin hidup enak dan bahagia dan aktivitas yang dilakukan juga ingin mudah. Semua itu tidaklah mudah untuk meraihnya. Memulai dari bawah adalah tingkah laku dan cara menulusuri tujuan hingga tercapai. Aktivitas yang dimiliki oleh seseorang terkadang menampilkan sebuah goncangan yang begitu besar apalagi tujuan yang dikehendaki begitu besar. Kesulitan yang dialami di dunia ini memang berat itulah yang menjadikan cobaan bagi setiap insan . tujuan akhir dari manusia yaitu akhirat yang baik karena di dunia ini hanya fana dan tidak selamanya Dan sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan)(QS:Adh-Dhuha,4) hari kemudian disini yaitu dihari akhirat nanti dimana kehidupan kekal telah dibuka. Barang siapa yang telah lulus dari cobaan di dunia maka ia akan mendapatkan kemudahan di hari akhirat berupa surga, sebaliknya siapa yang gagal meelakukan sebuah ujian dan cobaan di dunia maka hari kemudian ia akan mendapatkan tempat yang buruk dan sakit yaitu di neraka.

Untuk mendapatkan sebuah tujuan indah di dunia juga harus dengan aktivitas dan sebuah usaha yang keras. Karena kemudahan yang didapat sesudah dia melakukan sebuah kesulitan dan tantangan seperti yang di terakngkan dalam surat Alam-Nasyrah ayat 5 dan 6. Kemudahan yang akan diperoleh memang harus dengan sebuah kesulitan terlebih dahulu kata orang jawa Sepiro gedineng sangsoro yen ditompo iku ong dadi cobo.Sepiro gedineng sangsoro yen ditompo iku ong dadi cobo.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *