Minggu, 20 Januari 2013

BUKAN HARI KESIALAN MELAIINKAN HARI YANG PENUH PELAJARAN


Bandar Lampung, 10 Januari 2013
Katakanlah kepada orang-orang yang beriman hendaklah mereka memaafkan orang-orang yang tiada takut hari-hari Allahkarena Dia akan membalas sesuatu kaum terhadap apa yang telah mereka kerjakan. (QS: Al-Jatsyah;14)

Sering orang mengatakan mereka memiliki hari kesialan dimana pada hari tersebut seseorang akan selalu mendapat sial. Kesialan merupakan salah satu malapetaka yang dirasakan oleh setiap insan. Takdir Allah tidak dapat ditebak ataupun diketahui oleh setiap orang oleh karena itu untuk menghindari sebuah  kesialan orang setidaknya harus berhati-hati. Sementara dalam Quran Surat Al-Jatsyah bahwasanya setiap orang hendaklah sadar akan setiap harinya bahwa hari itu baik. Tidaklah mungkin Allah menurunkan hari buruk. Kalau seumpama ada sahabat-sahabat yang merasa memiliki hari sial coba perhatikan saja dari pengalaman yang perlu hati-hati pastinya pada hari tersebut.
Sikap kita memandang hari yang menurut kita adalah kesialan meskipun Allah tidak menciptakan hari yang sial di Dunia ini yaitu dengan cara selalu mengambil pelajaran yang baik dari sebuah peristiwa tersebut. Karena segala peristiwa itu pasti ada hikmahnya dan menjadi pelajaran yang sangat berguna . Kisah tentang hari yang pernah difirmankan oleh Allah dalam Al-Quran yaitu:
Dan tanyakanlah kepada Bani Israil tentang neger yang terletak di dekat laut ketika mereka melanggar aturan pada hari Sabtu di waktu datang kepada mereka ikan-ikan (yang berada di sekitar) mereka terapung-apung di permukaan air, dan di hari-hari  yang bukan Sabtu, ikan-ikan itu tidak datang kepada mereka. Demikianlah Kami mencoba mereka disebabkan mereka berlaku fasik (QS:Al-A’raaf;163)
Peristiwa pada ayat diatas jelas bagi Allah menurunkan sebuah perintah untuk tidak menggunakan hari sabtu untuk beraktivitas. Allah-pun menguji mereka dengan memberikan Ikan yang terapung di permukaan air pada hari itu dan selain hari sabtu ikan-ikan tersebut tidak datang kepada mereka. Sungguh besar kehendak dan karunia yang dimiliki oleh Allah untuk alam semesta ini.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *