Rabu, 10 Desember 2014

TRI SATYA DAN DASA DHARMA TIDAK MERUSAK IDEOLOGI ISLAM


 
Islam merupakan agama diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril. Sebagai ideologi dari beberapa orang untuk menjalani kehidupan di dunia menuju akhirat. Dari cara beribadah hingga cara menjalankan kehidupan telah diatur dalam ayat yang suci ini yaitu kitab Al-Quran. Pedoman umat islam yang dapat bertahan tanpa kenal masa. Sosok suritauladan umat manusia yang dibersihkan dari dosa-dosanya yang memberikan contoh kehidupan mulia untuk umat manusia. Pikiran, perkataan dan perbuatanya menjadi inspirasi dunia termasuk umatnya.

Dalam kehidupan bermasyarakat saat ini, perlu adanya pembentukan akhlak yang dicontohkan untuk pemuda-pemudi Indonesia. Dalam kegiatan pramuka adanya aktivitas pemuda yang mendorong untuk mewujudkan cita-cita dan mencapai akhlak mulia. Trisatya dan Dasa Dharma adalah pedoman untuk setiap anggota pramuka. Dasadharma mengajak untuk selalu bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Maksud dari itu untuk umat beragama menjalankan ibadah untuk agamanya. Islam tidak memaksa dalam hal pergaulan. Rasulullah SAW telah mencontohkan bagaimana berhubungan dengan orang yang tidak sepemahaman. Setidaknya kita tahu bahwa islam adalah rahmatan lilalamin yaitu rahmat bagi alam ini tanpa memilah dan memilih mahluk didalamnya.

Bagi pemuda-pemudi muslim Indonesia jangan takut dan meragukan keadaan tri satya dan dasa dharma pramuka. Kode etik didalamnya tidak berseberangan dengan agama. Justru sebaliknya trisatya dan dasadhrma merujuk kepada pedoman islam yang sepatutnya tidak menyinggung agama lain. Setelah kita memahami ini kita tahu trisatya dan dasadharma tidak merusak ideologi agama islam. Dengan mengikuti rangkaian dan kode etik pramuka kita menjalanlakan sebagaian perintah Allah SWT.

Mari kita sebagai anak pramuka untuk menumbuhkan jiwa trisatya dan dasa dharma pramuka. Dengan tatanan di jiwa raga pemuda-pemudi kita InsyaAllah negara kita menjadi negara yang kuat dan bersih. Mumulai sejak usia dini lebih baik ibarat benih yang bermutu akan menjadi suatu tanaman yang bermutu juga. Tunas-tunas harapan bangsa ada ditangan pemuda indonesia.

Salam Pramuka!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *