Senin, 25 Mei 2015

Both Counter Asesoris Handphone








BIODATA CALON PENERIMA DANA PMW 2015

Nama saya adalah Nurhudiman sekarang duduk di semester VIII Jurusan Agroteknologi Konsentrasi Hama Penyakit Tumbuhan di Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Nama Nurhudiman ini adalah pemberian dari kedua orang tua yang diharapkan dapat memberikan cahaya bagi seseorang dimanapun berada. Nurhudiman dilahirkan pada hari Minggu, Tanggal 28 Februari 1993 bertempat di Gading Rejo, Kabupaten Lampung Selatan saat ini nama kabupatennya sudah menjadi Kabupaten Pringsewu.

Pendidikan formal yang saya alami dari kecil yaitu SD N 1 Bumi Dipasena Jaya dimulai Tahun 1998 dan pada tahun 1999 saya pindah ke Pondok Pesantren sehingga sekolah di SD Hargo Rejo, Tahun 2001 pindah lagi ketempat semula yatiu SD N 1 Bumi Dipasena Jaya dan lulus pada tahun 2005. Setelah lulus Nurhudiman ikut Pakdenya hingga sekoalah di SMP N 1 Lambu Kibang pada tahun 2005 itu juga dan akhirnya lulus pada tahun 2008. Karena ingin mengasah kemandirian dan skill akhirnya masuk sekolah jurusan pertanian di SMK N 1 Lambu Kibang dan akhirnya juga lulus pada tahun 2011. Setelah Lulus SMK Nurhudiman diberikan kesempatan untuk Kuliah di Universitas ternama di Lampung yaitu Universitas Lampung sampai dengan sekarang.

Nurhudiman ketika mulai  SD hanyalah murid yang biasa-biasa saja tetapi ketika mau lulus ada yang berbeda pada dirinya. Sosok Nurhudiman mulai terlihat sebagai orang berprestasi di kelas dan mulai mencoba memenangkan beberapa perlombaan yang diadakan. Ketika di SMP Nurhudiman terlihat seseorang yang memiliki kemajuan terlihat dia selalu meraih peringkat 1 dikelasnya. Di SMK juga Nurhudiman tetap meraih peringkat meskipun terkadang turun tetapi masih tetap 3 besar.

Nurhudiman dalam kegiatan juga lumayan memiliki semangat dan peran aktiv terlihat ketika SD dia mengikuti pramuka dan kegiatan-kegiatan di masjid dan dilingkunganya. Naik SMP juga Nurhudiman mulai ingin memperbanyak kegiatan yang dia ikuti tetapi keadaas sekolah kurang mendukung untuk mengadakan kegiatan ekstra kurikuler. Dia mengikuti kegiatan diluar seperti latiha silat yaitu PSHT. Mulai SMK inilah perkembangan sebagai seorang organisatori terlihat Nurhudiman mulai bergabung pada OSIS disekolahnya. Selain itu juga Nurhudiman mengikuti kegiatan ROHIS tetapi dengan organisasi itu tidak cukup Nurhudiman berusaha untuk menghidupkan Pramuka yang disekolahnya tidak ada. Begitu semangatnya berorganisasi Nurhudiman dipilih menjadi Ketua Pramuka dan Ketua ROHIS SMK N 1 Menggala.

Semangatnya berorganisasi sehingga sampai saat ini masih ada sehingga menjadi seorang aktivis di kampus Universitas Lampung. Dengan sosok pribadi yang Religius dan nasionalisnya membawa dia pada beberapa organisasi di kampus baik formal maupun nonformal seperti Pramuka, FOSSI FP, KMNU Unila, dan PMII Unila. Dengan penuh semangat berorganisasi Nurhudiman pernah menjadi ketua umum pada organisasi UKM Pramuka Unila dan KMNU Unila.

Usaha memang salah satu sebagian aktivitas dari hidupnya yang dilakukan sejak semester 2. Berbagai halangan dan rintangan sehingga mencoba untuk berganti-ganti usaha. Sejak semester 5 ketika menyandang ketua umum di pramuka nurhudiman berhenti melakukan usaha. Semester 7 dengan tidak sengaja modal foto barang orang dan memasangnya di DP BBM memikat para konsumen untuk memesan barang yang pasang sehingga membuat inisatif saya membuat usaha jualan asesoris handphone.

Sebagai mahasiswa yang sudah menginjak semester atas sudah semakin merasakan perlunya dalam memenuhi kebutuhan dengan hasil sendiri karena tidak mungkin meminta lagi kepada orang tua. Oleh karena itu mengikuti program Proposal Mahasiswa Wirausaha ini agar dapat mengembangkan usaha dari julana asesoris handphone yang hanya dibawa di tas akan ditingkatkan menjadi BCAH (Both Counter Asesoris Handphone).



I.       IDE USAHA
Ide bisa muncul dari mana saja, seperti yang saya alami dari tidak sengaja main ke tempat grosiran asesoris handphone. Disana saya melihat banyak barang asesoris handphone dan menanyakan harganya juga. Dengan iseng saya memfoto tongsis yang saat itu sedang trend. Dengan iseng juga saya pasang di profil BBM, alhasil banyak teman yang ingin pesan selain itu banyak teman menayakan asesoris yang lain. Mulai saat itu saya memulai usaha ini yaitu jualan asesoris handphone dengan membawa barang terlebih dahulu dan dibayar setelah laku setelah mendapat keuntungan saya belikan barang untuk permodalan. Oleh karena itu saya akan mengajukan sebuah permohonan bantuan dana guna meningkatkan usaha penjualan asesoris handphone dengan membuat Both Counter Asesoris Handphone (BCAH).

Both Counter Asesoris Handphone merupakan salah satu usaha yang unik dan saat ini belum ada yang menggunakan cara ini. Barang yang dipasarkan/dijualkan yaitu asesoris handphone seperti baterei, flash disk, kartu memori, tongsis, dll. Barang yang akan dijual hampir mirip dengan counter hanphone tetapi disini bisa dibilang counter mini. Salah satu ciri yang membedakan dengan counter handphone lain adalah BCAH lebih praktis dan mudah dibawa kemanapun tempat. Pembuatan BCAH ini bermula dari inisiatif melihat banyak konsumen yang belum mengerti tentang asesoris handphone terbaru dan masih malas untuk pergi-pergi ke counter handphone.

Pembuatan BCAH ini mirip dengan gerobak jualan yang didorong, hanya saja dikemas semenarik mungkin seperti counter handphone atau pulsa. Dengan adanya fasilitas tempat BCAH ini memudahkan bagi penjual untuk menentukan target penjualan pada daerah yang ramai dikunjungi konsumen. BCAH ini juga dapat merawat barang asesoris handphone karena biasanya seorang mahasiswa yang biasa menjual asesoris handphone tetapi barangnya selalu di simpan dalam tas dan rawan kerusakan.

II.    ANALISIS PASAR
Melihat jumlah mahasiswa Universitas Lampung yang kurang lebihnya 25.000 mahasiswa dan setiap mahasiswa memiliki handphone. Dari setiap handphone yang digunakan mahasiswa beranekaragam jenisnya dari ceng-cengpo sampai android. Hampir setiap mahasiswa membutuhkan juga perlengkapan seperti kartu memori, flash disk, dan asesoris elektronik yang lainya. Oleh karena itu target kepada mahasiswa yang ada dilingkungan Universitas Lampung. Teknik menjualnya yaitu dengan memanfaatkan kegiatan yang selalu diadakan oleh organisasi mahasiswa di kampus.

Selain di kampus ada tempat keramaian yang akan menjadi sasaran target konsumen asesoris handphone. Adapus sasaran tempat keramaian yang dituju seperti Musium Lampung, PKOR, Kantor Gubernur, Wilayah Kampus Universias Lampung Alasan berani menjual pada tempat tersebut karena jualan ini sudah dilakukan dan perlu adanya peningkatan dengan membuat kemasan penjualan yang lebih menarik lagi. Dengan dibuatnya BCAH target pasar ke konsumen lebih cepat, mudah dan memuaskan konsumen.

III. KEUNGGULAN PRODUK
Jumlah mahasiswa Universitas Lampung tidak sedikit. Kebutuhan akan asesoris handphone dan tambahan asesoris elektronik selalu melekat kepada mahasiswa yang berjiwa muda. Jiwa muda yang suka berpenampilan menarik baik dirinya ataupun barang yang dimilikinya. Melihat kebutuhan konsumen yang semakin banyak kini akan dipermudah cara untuk sampai ke konsumen dengan membuat Both Counter Asesoris Handphne (BCAH).

Untuk siapa yang membeli tidak khawatir karena penjualan ini sudah dilakukan oleh seorang mahasiswa dan sudah terbiasa dengan menjual pada tempat tersebut. Dengan bantuan BCAH dapat memudahkan dalam menjual karena produk dapat langsung dilihat oleh konsumen. Keunggulan dari barang yang dijualkan adalah harga penjualan tidak terlalu mahal karena segi tempat tidak memerlukan penyewaan yang mahal, bahan dapat terjaga dan terawat dengan baik, kebutuhan akan asesoris handpone yang mudah oleh konsumen karena barang yang mendekati mereka, dan kualitas segi barang akan disiapkan semua untuk konsumen mulai dari KW sampai ke yang Ori.


IV. PROYEKSI PENJUALAN DAN STRATEGI PEMASARAN
Sebagai pedagang asesoris handphone yang hanya membawa beberapa barang dan ditempatkan di tas dirasa kurang efektif dan efisien. Konsumen yang membeli kurang mengetahui dan barang yang dijualkan juga dapat rusak di dalam tas. Dengan kehadiran BCAH diharapkan memudahkan penjualan kepada konsumen dan barang dapat tetap terjaga serta target pasar akan semakin banyak. Berdasarkan penjualan yang sudah dilakukan target pasar dan keuntungan sudah jelas hanya saja perlu perbanyak modal barang dan tempatnya.

Sebagai salah satu barang yang memilik persaingan pasar maka strategi pemasaran dan penjualan dilakukan dengan beberapa strategi seperti pada produk, harga, promosi, dan pemasaranya. Untuk produk barang yang dijual berdasarkan kelas KW sampai dengan yang Ori memberikan metode kejujuran kepada konsumen itu yang harus selalu diterapkan. Utuk  harga yang ditawarkan ke konsumen akan lebih murah dikarenakan pada asesoris ini tidak memakan biaya tempat, pertimbangan barang tidak laku dan pajak yang tinggi. Diharapkan kepada konsumen mendapatkan barang mudah dan murah serta kulaitas tetap sama.

Strategi promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan media seperti BBM, Facebook, Twitter, Whats App, Line, dan media sosial yang lain. Selain media sosial, strategi promosi yang terbaik adalah menjaga hubungan dengan konsumen karena dari informasi mulut-kemulut konsumen itu akan terlihat lebih memuaskan. Selanjutnya untuk strategi penjualan dibantu dengan beberapa orang yang biasa membantu menjualkan barang. Dengan kehadiran BCAH mereka yang membutuhkan barang untuk dijual cepat lebih mudah didapat.

V.    KAPASITAS PRODUKSI
Usaha ini bergerak dalam bentuk produk barang asesoris handphone dan elektronik ringan seperti :
1.      Kartu memori
2.      Tongkat Narsis dan tombol Narsis
3.      Headsheet
4.      Speaker
5.      Kabel USB
6.      Casing HP
7.      Clip Cover HP
8.      Carger
9.      Power Bank
10.  Lampu LED
11.  Flash Disk
Untuk kemampuan produksi barang dapat selalu terpenuhi setiap waktu dikarenakan sudah bekerja sama dengan took grosir asesoris handphone.

VI. PROYEKSI KEUANGAN
Usaha penjualan Asesoris Handphone ini dilakukan sejak tahun 2014. Usaha ini masih dijalankan seadanya dikarenakan masih ada keterbatasan permodalan. Oleh karena itu untuk meningkatkan menjadi usaha BCAH (Both Counter Asesoris Handphone) diperlukan perlengkapan dan perlatan yang ditambahkan untuk usaha tersebut.
Berikut rincian dana yang diperlukan untuk membuat BCAH.

Tabel 1. Modal Tetap Pembuatan BCAH
No.
Keterangan
Harga Satuan
(Rp.)
Volume
Jumlah
(Rp.)
1.
Kaca Bening 10mm
250.000
3 meter
750.000
2.
Papan
125.000
2 buah
250.000
3.
Paku 2 cm
20.000
1 kilo gram
20.000
4.
Triplek 3 mm
70.000
3 buah
210.000
5.
Triplek 18 mm
250.00
2 buah
500.000
6.
Palu
75.000
1 buah
75.000
7.
Besi
80.000
3 buah
240.000
8.
Roda Botth
250.000
2 buah
500.000
9.
Cat
100.000
2 buah
200.000
Rekapitulasi Modal Tetap
RP.2.745.000

Tabel 2. Modal Tidak Tetap
No
Keterangan
Harga Satuan
      (Rp.)
Volume
Jumlah
(Rp.)
1
Flashdisk VGEN 2 GB
45000
2 buah
90.000
2
Flashdisk VGEN 4 GB
46000
2 buah
92.000
3
Flashdisk VGEN 8 GB
47000
2 buah
94.000
4
Flashdisk VGEN 16 GB
85000
5 buah
425.000
5
Memory VGEN 2 GB (NON PACK)
25000
2 buah
50.000
6
Memory VGEN 4 GB (NON PACK)
26000
2 buah
52.000
7
Memory VGEN 8 GB (NON PACK)
35000
2 buah
70.000
8
Memory VGEN 16 GB (NON PACK)
70000
2 buah
140.000
9
MEMORY VGEN 8GB CLASS 10
60000
2 buah
120.000
10
MEMORY VGEN 16GB CLASS 10
75000
2 buah
150.000
11
Packing Memory
1000
100 buah
100.000
12
Tongkat Narsis
20000
10 buah
200.000
13
TONGKAT NARSIS TOMBOL
35000
10 buah
350.000
14
Jepitan Narsis (JEPSIS)
35000
5 buah
175.000
15
Power Bank WIN 3000 MAH
25000
10 buah
250.000
16
PB SAMSUNG ORI 99% DK 15000 MAH
125000
3 buah
475.000
17
Carger Samsung
9000
10 buah
90.000
18
Carger BB dacota
18000
3 buah
54.000
19
Carger BB Gemini
14000
3 buah
42.000
20
Carger Samsung Galxy
33000
3 buah
99.000
21
TC Original DK 7210 Packing
12000
3 buah
36.000
22
TC BB 9900 LN
22000
3 buah
66.000
23
TC FR Premium Silver BB9700
12500
3 buah
475.000
24
TC BB WARNA BATOK PANJANG
12500
3 buah
475.000
25
TC SAMSUNG GALAXY NOTE 2 APL
25000
3 buah
75.000
26
HF HK Bando DR-310
15000
3 buah
75.000
27
HK DK BB
12500
3 buah
47.500
28
HF RAKKIPANDA MEGA BASS 5310/BB
14000
3 buah
42.000
29
HF Mega Bass Leon
13000
3 buah
39.000
30
HF ORI BB 9220
11000
3 buah
33.000
31
Speaker Rokok
29000
5 buah
145.000
32
Speaker Kaleng
29000
5 buah
145.000
33
Speaker WS 575
52500
5 buah
262.500
34
Speaker WS 822
65000
5 buah
325.000
35
Modem 3
135000
5 buah
675.000
Rekapitulasi Modal Tetap
5.019.000

Tabel 3. Rekapitulasi Modal Tetap Dan Modal Tidak Tetap
No.
Jenis Pengeluaran
Anggaran yang diusulkan (Rp.)
1.
Modal Tetap
RP.2.745.000,00
2.
Modal Tidak Tetap
RP.5.019.000,00
Total Biaya Yang Dibutuhkan
RP.7.764.000,00
     Terbilang: Tujuh Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Empat Ribu Rupiah,-


Tabel 4. Proyeksi Penjualan Asesoris Handphone

No
Keterangan
Harga jual
            (Rp.)
Quantity
Bulan Ke-1
Bulan Ke-2
Bulan Ke-3
Bulan Ke-4
Jumlah
Quantity
1
Flashdisk VGEN 2 GB
50.000
2
4
6
8
20
2
Flashdisk VGEN 4 GB
60.000
2
4
6
8
20
3
Flashdisk VGEN 8 GB
70.000
2
4
6
8
20
4
Flashdisk VGEN 16 GB
100.000
5
10
15
20
50
5
Memory VGEN 2 GB (NON PACK)
35.000
2
4
6
8
20
6
Memory VGEN 4 GB (NON PACK)
45.000
2
4
6
8
20
7
Memory VGEN 8 GB (NON PACK)
60.000
2
4
6
8
20
8
Memory VGEN 16 GB (NON PACK)
70.000
2
4
6
8
20
9
MEMORY VGEN 8GB CLASS 10
70.000
2
4
6
8
20
10
MEMORY VGEN 16GB CLASS 10
85.000
2
4
6
8
20
11
Packing Memory
2.000
100
100
100
100
400
12
Tongkat Narsis
35.000
10
15
20
25
70
13
TONGKAT NARSIS TOMBOL
45.000
10
15
20
25
70
14
Jepitan Narsis (JEPSIS)
50.000
5
10
15
20
50
15
Power Bank WIN 3000 MAH
35.000
10
15
20
25
70
16
PB SAMSUNG ORI 99% DK 15000 MAH
150.000
3
5
7
9
24
17
Carger Samsung
20.000
10
15
20
25
70
18
Carger BB dacota
35.000
3
5
7
9
24
19
Carger BB Gemini
35.000
3
5
7
9
24
20
Carger Samsung Galxy
40.000
3
5
7
9
24
21
TC Original DK 7210 Packing
20.000
3
5
7
9
24
22
TC BB 9900 LN
30.000
3
5
7
9
24
23
TC FR Premium Silver BB9700
20.000
3
5
7
9
24
24
TC BB WARNA BATOK PANJANG
20.000
3
5
7
9
24
25
TC SAMSUNG GALAXY NOTE 2 APL
30.000
3
5
7
9
24
26
HF HK Bando DR-310
20.000
3
5
7
9
24
27
HK DK BB
20.000
3
5
7
9
24
28
HF RAKKIPANDA MEGA BASS 5310/BB
20.000
3
5
7
9
24
29
HF Mega Bass Leon
20.000
3
5
7
9
24
30
HF ORI BB 9220
20.000
3
5
7
9
24
31
Speaker Rokok
35.000
5
10
15
20
50
32
Speaker Kaleng
35.000
5
10
15
20
50
33
Speaker WS 575
45.000
5
10
15
20
50
34
Speaker WS 822
75.000
5
10
15
20
50
35
Modem 3
150.000
5
10
15
20
50
Jumlah Barang
135
236
337
438

Total Penjualan
8.653.000
10.876.000
14.680.000
18.890.000



Tabel 5. Proyeksi Laba/Rugi
PRODUKSI BARANG
No
Uraian
Bulan Ke-1
Bulan Ke-2
Bulan Ke-3
Bulan Ke-4

1
Volume Penjualan






Asesoris Handphone






Quantity
135
236
337
438


Total penjualan
8.653.000
10.876.000
14.680.000
18.890.000

2
Penjualan Tunai
8.653.000
10.876.000
14.680.000
18.890.000

3
Penjualan Kredit
-
-
-
-


Penerimaan penjualan
8.653.000
10.876.000
14.680.000
18.890.000

4
Biaya






Biaya Operasional
2.500.000
3.000.000
3.453.125
4.066.406


Biaya Tetap
500.000
500.000
500.000
500.000


Total Biaya
3.500.000
3.500.000
4.953.125
4.566.406

5
Laba Kotor
5.153.000
7.376.000
9.726.875
14.323.594

6
Penyusutan
750.000
1.210.000
2.109.000
2.750.000

7
Laba sebelum Pajak
4.403.000
6.166.000
7.617.875
11.573.594

8
Pajak 10 %
440.300
616.000
761.790
1.157.560

9
Laba setelah pajak
3.962.670
5.550.000
6.856.085
10.416.034

Payback Periode
4 Bulan



LAMPIRAN

1.      Bahan Produksi

2.      Rencana Pembuatan BCAH (Both Counter Asesoris Handphone)

3.      Produk

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *