Kamis, 26 Juli 2012

PENGARUH HORMON PADA TUMBUHAN

APA ITU HORMON???

Kalau kita pernah mengamati suatu tumbuhan mengapa tumbuhan dapat bertambah panjang ujung batang atau akarnya, daunya membesar dan banyak, dan buah yang terpaksa berbuah?

 
Itu semua terjadi ada sebabnya didalam pertumbuhannya tubuhan memiliki hormon yang memberikan signal pada seluruh sel yang dapat di jangkau, hormon pada tumbuhan yang sering disebut Fitohormon merupakan sekumpulan senyawa organik bukan hara(nutrien) , baik yang sudah ada di dalam tubuh tumbuhan atau dari luar tumbuhan yaitu buatan manusia sendiri baik secara Endogeneus atau Eksogeneus yang dapat memberikan pengaruh dan pesannya dari sinyalnya. Hasil kerja hormon dapat menjadikan tumbuhan bertambah panjang, berkembang, dan juga  penghambatan tumbuhan.
Hormon yang dibuat manusia sering di sebut Zat Pengatur Tumbuh(Plant Growth Regulator)  hormon yang dibuat manusia yang bersifat endogeneus merupakan hormon yang dihasilkan oleh individu yang masih bersangkutan sedangkan yang bersifat eksogeneus merupakan pemberian dari luar sistem individu itu yang biasanya bahanya sudah tidak alami yaitu campuran bahan sintetik sudah bukan dari tumbuhan lagi.
APA SAJAKAH HORMON ATAU ZAT PENGATUR TUMBUH ITU???
Hormon pada tumbuhan dikelompokkan menjadi dua yaitu pemacu pertumbuhan (growth promotor) dan penghambat pertumbuhan (growht inhibitor) yang tergolong growth promotor yaitu auksin, sitokinin, giberelin, dan kalin. Untuk hormon yang growth inhibitor yaitu gas etilen dan asam abisat.


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *